Berita Terbaru :

Tugu Poyowa Kecil, Konon Pernah Dibuat Patung Inde Dou

Senin, 05 November 2012

Tugu Poyowa Kecil, Konon Pernah Dibuat Patung Inde Dou

Peliput : Muslim Paputungan
Editor : Dhidink



Zaman dahulu, pernah ada patung yang didedikasikan untuk Bogani Inde Dou, namun keberadaan patung ini masih menjadi tanda tanya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun oleh Media Totabuan dari penuturan warga poyowa kecil, tugu tersebut pernah dibuatkan patung Inde Dou.
Hal ini telah diyakini oleh masyarakat Poyowa Kecil  zaman dahulu.

Menurut warga, Inde Dou lahir di Poyowa Kecil sehingga warga setempat ingin mengabadikanya dengan membuat patung inde dou, namun pembuatan patung tersebut sempat terhenti, sebab warga yang membuat patung itu tiba-tiba meninggal dan yang lainya cacat tangan.
  belum sempat jadi, beberapa orang so saki bahkan ada yang cacat tangan” ungkap jaya warga poyowa kecil.

Pembuatan patung tersebut terhenti beberapa waktu dan disusul dengan hujan yang deras sehingga ukiran-ukiran patung yang terbuat dari semen  retak dan hancur.

Peristiwa tersebut membuat warga menyakini bahwa Inde Dou, tidak ingin patungnya dibuat (kino doi’annya) sehingga, kini dijadikan tugu yang berlokasi di persimpangan tiga poyowa kecil , molinow dan  mongondow.

Inde dou merupakan wanita yang terkenal akibat kesaktianya, ia juga dikenal dengan sosok wanita yang cerdas dan diakui oleh raja-raja sebab ktitikan-kritikan yang sifatnya membangun.

Hingga kini masyarakat Bolaang Mongondow meyakini bahwa inde dou seorang wanita (Gender) yang patut dicontohi, namun sayangnya tempat peristirahatan terakhir inde dou masih menyimpan misteri dan tidak diketahui tempatnya. (*)

Share this Article on :