Berita Terbaru :

P-BMR Belum Belum Masuk ke Mendagri

Selasa, 06 November 2012

P-BMR Belum Belum Masuk ke Mendagri

Salah Satunya Usulan Provinsi Minahasa Raya

USULAN pembentukan provinsi Minahasa Raya, rupanya sudah di meja Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Calon provinsi baru ini, masuk dalam 33 daftar yang sudah masuk di Kemendagri. Sayangnya, usulan Provinsi Bolmong Raya (PBMR) yang tengah ramai dibicarakan rakyat Totabuan, hingga kemarin belum juga terdaftar.

Bila saja usulan calon Provinsi Minahasa raya yang akan dibahas lebih dulu kemudian disetujui, tentu ini akan menjadi beban serius bagi warga Totabauan. Sebab mana mungkin lima daerah di Bomong Raya, masih masuk wilayah provinsi Sulut, namun dipisahkan oleh satu provinsi.

Selain Calon Provinsi Minahasa Raya, satu daerah tetangga BMR yang juga telah memasukkan usulan adalah Provinsi Gorontalo yang mengusulkan pembentukan Provinsi Gorontalo Tomini Raya.

Keberadaan usulan 33 pembentukan 33 provinsi tersebut dibenarkan Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Djohermansyah Djohan. "Di meja saya ada usulan 33 provinsi lagi," kata Djohermansyah Djohan dalam diskusi di yang diselenggarakan Ikatan Serjana Nadhatul Ulama di PBNU, Jakarta, Senin (5/11)

Menurut dia, kalau 33 usul provinsi baru itu terwujud juga, Indonesia akan memiliki 67 provinsi. "Selamat datang 67 provinsi," katanya.

Dari semua proposal usulan itu, Djohermansyah mengakui ada beberapa yang obyektif dan rasional dalam memotret potensi dan kelayakan daerah baik dari segi kekayaan, pontensi pendapatan asli daerah, hingga faktor sosial, politik, dan historis. Namun, tidak sedikit pula usul yang terkesan seadanya dan lebih menonjol sebagai 'kegenitan' politik elit lokal.

"Tapi ada elit yang karena semangat otonom, kalau ada pemekaran daerah baru bisa jadi ada gubernur baru, bupati baru, sekda baru, trus kontraktor dorong-dorong nanti bangun-bangun baru," katanya.

DPR dan Pemerintah baru saja mengesahkan pemekaran provinsi Kalimantan Utara, bulan lalu. Provinsi itu memisah dari Kalimantan Timur, induk sebelumnya dan berdiri sendiri menjadi provinsi paling bontot.(tmp/vvn/tim)
Share this Article on :