Berita Terbaru :

Boltim ‘Tagih’ Hutang Rp3,2 M ke Bolmong

Selasa, 06 November 2012

Boltim ‘Tagih’ Hutang Rp3,2 M ke Bolmong
Yakni Sisa Dana Hibah yang Belum Diserahkan
Meyke Mamahit

Tutuyan- Pemkab Bomong ternyata masih berhutang ke Boltim. Jumlahnya Rp 3,2 milair lebih. Wajar kalau Pemkab Boltim pun mulai ‘menagih’ hutang tersebut.

Itu adalah dana hibah yang harus diserahkan Pemkab Bomong kepada daerah pemekaran. Di mana sejak awal disepakati, bahwa total hibah untuk Boltim berjumlah Rp 10 miliar. 

Namun menurut Kepala DPPKAD Boltim Meike Mamahit, sampai saat ini baru Rp 6,75 miliar yang diserahkan Pemkab Bolmong. “Sisanya masih Rp 3,25 miliar. Pemkab Boltim berharap agar sisa dana hibah ini dapat segera diserahkan," ungkap Mamahit kepada sejumlah wartawan, Senin kemarin. 

Lanjut Mamahit, dana tersebut adalah hak Boltim dan harus diserahkan. Apalagi kini Boltim telah berusia empat tahun pasca pemekaran. “Karena Boltim sudah berusia 4 tahun, maka wajar kalau kami mengingatkan agar sisa dana itu dapat segera diserahkan,” kata Mamahit. 

Menurut dia, tak hanya sisa dana hibah yang belum lunas, tetapi juga masih ada aset daerah yang hingga saat ini belum diserahkan secara penuh. "Padahal telah diparipurnakan DPRD Bolmong dan telah ditandatangani namun entah mengapa belum diserahkan," tutup Mamahit. 

Informasi yang dihimpun  media ini, belum diserahkan dana hibah mulai menimbulkan masalah di beberapa satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Boltim. Pasalnya ada SKPD yang telah mengagendakan program kerja yang mengalokasikan dana dari dana hibah tersebut.

Namun hingga kini dana yang dinanti tak kunjung di cairkan. Sehingga program tersebut terancam batal. Selain itu belum diserahkan aset kepada pemkab Boltim membuat beberapa fasilitas atau aset terbengkalai.(mnm/Dink)
Share this Article on :