Berita Terbaru :

Misteri Mistik Tudu In Lolayan

Senin, 29 Oktober 2012



Misteri Mistik Tudu In Lolayan


 
Gunung Tudu Lolayan
Kotamobagu - Tudu in lolayan terletak di Kelurahan Mongkonai Kecamatan Kotamobagu Barat yang kini menjadi perkebunan milik warga setempat ternyata menyimpan banyak cerita dari para orang tua jaman dahulu. 

Konon katanya, tudu in Lolayan atau puncak gunung lolayan menyimpan misteri mistik yang tersebar di kalangan warga setempat.

Menurut penuturan dari salah satu warga yang biasa di sapa om Bibi di Kelurahan Mongkonai sekarang, gunung tudu in Lolayan kerap menyembunyikan orang yang sempat melintasi di pergunungan itu, bahkan ada sebagian warga dinyatakan hilang karena melewati gunung tersebut, namun belakangan orang tersebut kembali ditemukan dalam keadaan selamat. Menurut penuturan mereka yang sempat hilang, bahwa mereka ketika melewati daerah tersebut sering mendengar suara menyerupai suara perempuan.

Bahkan banyak para petani yang akan menuju perkebunan mendengar suara kulintang. Tidak hanya itu warga sering melihat penampakan mahluk halus saat melintas di puncak gunung lolayan.

Namun ada juga orang tertentu yang diyakini bisa melihat pondok dan sebuah kuburan, ini diperlihatkan bagi orang orang di sayangi yakni sebuah pejaga gunung itu. Sampai saat ini warga yang memiliki kebun disekitar gunung ini harus mematuhi aturan-aturan agar tidak mendapat musibah. Persyaratan yang harus dipatuhi dintaranya memotong bambu (Aog-Mongondow) untuk keperluan tidak boleh diwaktu sore hari, warga diperbolehkan memotong bambu diwaktu pagi atau siang hari.

Konon  dulunya, Tudu in lolayan atau puncak gunung lolayan merupakan tempat persembunyian para Perjuangan Rakyat Semesta (Permesta ). Hingga kini pergunungan tersebut masih menyimpan misteri yang belum terungkap.(m-10)
Share this Article on :