Berita Terbaru :

Pedagang Serasi Curhat ke Dirjen Tata Ruang

Selasa, 24 April 2012

Tolak Relokasi, 

Ismail Lubis/Dirjen Tata Ruang Kementerian PU Meninjau Pasar Serasi
Kotamobagu – Usai melakukan pertemuan dengan sejumlah pejabat Bolaang Mongondow dan Pemkot Kotamobagu, Direktur Jendral Tata Ruang Kementerian Pekerjaan Umum (PU), Ismail Lubis, menyempatkan diri mengunjungi para pedagang di Pasar Tradisional Serasi.

Kunjungan pejabat dari pemerintah pusat inipun, mengagetkan sejumlah pedagang dan warga pembeli yang saat itu sedang bertransaksi  di pasar di Kelurahan Gogagoman Kecamatan Kotamobagu Barat. Seolah tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan langka tersebut, sejumlah pedagang secara spontan mengeluarkan keluhan, terkait nasib mereka, yang rencananya akan dipindahkan ke lokasi pasar yang lain.

“Pak Dirjen Kami tidak ingin dipindahkan dari pasar serasi ini,” keluh sejumlah pedagang dengan wajah sendu.
Menerima keluhan itu, Ismail mengatakan akan mempertimbangkannya, dan dia berjanji  keluhan masyarakat akan ditindaklanjuti hingga ke pemerintah pusat.

”Ini keluhan yang sangat objektif. Sebab, awalnya saya pikir penolakan ini hanya dari elemen masyarakat. Namun ternyata datang juga dari para pedagang sendiri,” ungkap Ismail.
Meski demikian, Ismail mengatakan kalau kebijakan soal relokasi tersebut, akan tetap diserahkan ke pemerintah daerah setempat.
“Kami hanya cukup memberikan masukan dengan berbagai pertimbangan. Tetapi, untuk kebijakannnya berada di ranah pemerintahan daerah,” tuturnya.

Sementara,  Humas Asosiasi Pedagang Pasar Tradisional Pasar Serasi (ADA INDE) kotamobagu, yang saat itu ikut menjemput kedatangan petinggi Kementrian PU, Denny Mokodompit berharap agar pemerintah pusat, dapat melakukan amandemen tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Kotamobagu yang telah di putuskan. Pasalnya, kedudukan pasar serasi saat ini, dinilai tidak lagi menjadi pusat perdagangan seperti dahulu.
”Keadaan pasar saat ini kami harap bisa dipertimbangkan oleh pihak Kementerian,” imbuh Denny.

Dari amatan Media Lipu’ Totabuan, kedatangan Dirjen Tata Ruang tersebut, didampingi sejumlah Pejabat KK, diantaranya Wakil Ketua DPRD Bob Paputungan, Sekretaris Komisi II DPRD KK Ir Ishak Sugeha ME, serta sejumlah legislator lainnya yakni Mudasir Potabuga, Anakia Mokoginta SE. (Dar/Jun)

Share this Article on :