Berita Terbaru :

Farid: APBD 2013 Masih Disusun

Kamis, 15 November 2012


Farid:   APBD 2013 Masih Disusun

Farid Asimin/Sekda Bolmong
Kotamobagu- Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TPAD) Bolmong Farid Asimin mengatakan,pihaknya masih menyusun rancangan APBD 2013. "Masih sementara pembahasan eksekutif dan dalam waktu dekat akan segera disampaikan kepada legislatif," ujar Sekretaris Daerah Pemkab Bolmong belum lama ini.

Menurutnya Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 37 tahun 2012 tentang pedoman penyusunan APBD 2013, penetapan APBD paling lambat 31 Desember tahun 2012. Penyampaian dan pembahasan RAPBD 2013 paling lambat 31 November.

Sebelum pengajuan rancangan APBD, eksekutif dan legislatif harus menyelsaikan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS). Pemerintah Daerah (Pemda) Bolmong sudah membahas KUA-PPAS pada Agustus lalu.

Terpisah, Ketua Komisi I DPRD Bolmong Yusra Alhabsyi mengatakan, dewan akan berusaha lebih mengefisienkan pemanfaatan anggaran tersebut. Dia mengakui belanja pegawai yang masuk dalam biaya tidak langsung masih di atas standar yang diharapkan.

"Pada APBD 2012, belanja tidak langsung masih 54 persen dari keseluruhan anggaran. Untuk APBD 2013, angka tersebut harus bisa lebih efiseinkan lagi," kata dia. Diketahui, total APBD Bolmong 2012 Rp 528 miliar dan setelah perubahan menjadi Rp 554 miliar.

Diakui, pembiayaan untuk gaji pegawai saja masih tinggi. Bahkan, untuk honorarium pegawai honorer di lingkup Pemkab Bolmong mencapai Rp 17 miliar. "Memang harus ada terobosan- terobosan untuk efisiensi anggaran tersebut," kata dia menandaskan. (TIM)
Share this Article on :