Berita Terbaru :

Tarian Tarian Suku Bolango

Senin, 23 April 2012



Tarian Suku Bolango
Molibagu - Suku Bolango yang berpusat di Kota Molibagu Bolaang Mongondow Selatan, ternyata memiliki sejumlah tarian adat. Tarian adat ini masih terus diwariskan oleh para pemangku adat di daerah ini kepada generasi muda. Beberapa tarian adat ini seperti Tarian Dangisa, tarian ini biasanya dimainkan oleh 12 sampai 24 orang pemuda. Tarian ini biasanya dimainkan pada saat kerajaan mendapat kunjungan kehormatan dari kerajaan kerajaan lain. Tarian Digisa ini sudah pernah diikutsertakan dalam lomba tarian adat se-Indonesia yang diselenggarakan di Surabaya tahun 1950-an. 

Tarian Tide No Betuo. Tarian ini hanya dimainkan oleh seorang wanita diatas pentas. Tarian ini dimainkan apabila sang raja lagi bersuka ria dan dapat dimainkan pada saat kunjungan tamu kehormatan.

Tarian Tide Noohongia. Tarian ini  dimainkan oleh wanita anak cucu raja, dimana penari-penarinya memakai pakaian kebaya dan sarung berwarna ungu. Dikepalanya terpancang 7 serangkai bunga serta selendang ditangan. Tarian ini biasanya dimainkan dimuka tamu kehormatan, dimana penari memegang selendang yang nantinya akan dilemparkan para tetamu untuk dapat menari bersama.

Tarian Tide No Oeyabo atau tarian kipas. Tarian ini dimainkan oleh empat orang wanita yang disebut dayang dayang raja, dan dimanikan didalam ruangan istana/kemaling dengan disaksikan tamu kehormatan. Dan tarian yang terakhir adalah tarian Jongke, Tarian ini dimainkan oleh 3-sampai dengan 6 orang wanita yang berpakaian batik dan kebaya diikuti pukulan gendang dan dimainkan dalam istana.(Dink)
Share this Article on :